Rabu, 09 Oktober 2013

RPP FIQIH KELAS VII MELAKSANAKAN KETENTUAN TAHARAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VII / 1
Alokasi Waktu                  :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)            
B.       Kompetensi Dasar
1.2       Menjelaskan hadatst kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya )
C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan syarat dan rukun wudhu’’
§  Siswa dapat menyebutkan sunnah-sunnah wudhu’’
§  Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu’’
§  Siswa dapat mempraktikkan wudhu
D.       Materi Pembelajaran
§  Wudhu’’
E.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang wudhu’’
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi wudhu’’
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar wudhu’’
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang wudhu’’.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang cara wudhu’’ (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

G.       Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku paket Fikih kelas VII
§  LKS Arya Duta
§  Lembar observasi
§  Lembar penilaian
§  Boneka
§  Batu, kertas,tissue,daun kering,kaca,plastik,batu apung, batu kali
§  Air
§  Gambar peragaan wudhu
H.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian wudhu’’
§  Siswa dapat  menetukan syarat dan rukun wudhu
§  Siswa dapat  menunjukkan sunnah wudhu
§  Siswa dapat  mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudhu
§  Siswa dapat  mempraktekkan tata cara wudhu
Tes unjuk kerja

Observasi

Performan
Uraian

Uraian

Uraian
§  Jelaskan apa pengertian wudhu’’ !

§  Sebutkanlah syarat dan rukun wudhu !

§  Sebutkanlah sunnah-sunnah wudhu !

Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar