RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
MTs :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan hadatst kecil dan tatacara thaharahnya
(bersucinya )
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menyebutkan syarat
dan rukun wudhu’’
§ Siswa dapat menyebutkan sunnah-sunnah wudhu’’
§ Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu’’
§
Siswa dapat mempraktikkan wudhu
D.
Materi Pembelajaran
§
Wudhu’’
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi
tentang wudhu’’
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan
Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi wudhu’’
Motivasi :
§
Memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar wudhu’’
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa
membaca literatur/referensi tentang wudhu’’. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang cara wudhu’’ (fase eksplorasi)
§
Membuat
bagan wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ (fase elaborasi)
§
Pameran bagan dan saling
mengomentari (fase elaborasi)
§
Salah seorang siswa mempraktekkan
tatacara wudhu’’ dan
tentang cara wudhu’’
sementara
yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil
kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§
Penguatan tentang wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ (fase
konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab tentang materi wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’.
§
Guru memberikan tugas untuk
mencari pengertian wudhu’’ dan tentang cara wudhu’’ untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Buku paket Fikih
kelas VII
§
LKS Arya Duta
§ Lembar
observasi
§ Lembar
penilaian
§ Boneka
§ Batu, kertas,tissue,daun kering,kaca,plastik,batu apung,
batu kali
§ Air
§
Gambar
peragaan wudhu
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa
dapat menjelaskan pengertian wudhu’’
§
Siswa
dapat menetukan syarat dan rukun wudhu
§
Siswa
dapat menunjukkan sunnah wudhu
§
Siswa
dapat mengemukakan hal-hal yang
membatalkan wudhu
§ Siswa dapat mempraktekkan
tata cara wudhu
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§
Jelaskan apa
pengertian wudhu’’ !
§
Sebutkanlah syarat dan rukun wudhu !
§ Sebutkanlah sunnah-sunnah wudhu !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar